VAR Jadi Sebab Kekalahan United?

VAR Jadi Sebab Kekalahan United?

Pelatih Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer memberikan pandangannya terkait penerapan VAR di Premier League. Ia menyebut bahwa timnya harus mulai membiasakan diri dengan perkembangan teknologi tersebut sebagai salah satu penentu pertandingan.

Pertama kali diterapkan di Piala Dunia 2018. Video Assistant Referee atau disingkat VAR mulai diadaptasi di liga-liga top Eropa seperti Bundes Liga dan Laliga Spanyol. Liga Inggris baru menerapkan teknologi itu di musim ini .

Di pertandingan melawan Crystal Palace di akhir pekan kemarin, Setan Merah dua kali dirugikan oleh VAR. Mereka seharusnya mendapatkan satu penalti dan juga Gary Cahill harusnya mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran berbahaya, namun wasit memutuskan tidak mengecek VAR pada kejadian tersebut berlangsung.

Mencoba membaca situasi tersebut, Solskjaer menyebut timnya harus beradaptasi dengan VAR. “Saya rasa kami harus membiasakan diri dengan itu,” ujar Solskjaer kepada situs resmi Setan Merah.

Belum Mampu Konsisten

Pelatih Ole Gunnar Solksjaer mengklaim bahwa timnya cukup dirugikan karena penggunaan VAR yang tidak maksimal dan tentu menjadi kerugian besar bagi timnya.

Sang Pelatih menyebut bahwa wasit VAR seharusnya bisa membuat keputusan yang lebih baik pada pertandingan tersebut karena dibantu oleh teknologi yang canggih.

“Saya rasa akan ada perdebatan mengenai ini [VAR], karena wasit yang sama yang membuat keputusan tersebut, yang mana mereka hanya berada di ruang yang berbeda di Stockley Park.” Ujarnya.

Mencoba Terbiasa

Menurut Solskjaer sendiri hal tersebut harus dan dapat dimaklumi bahwa penerapan VAR di Premier League saat ini masih jauh dari kata optimal dan bekerja baik di dalam pertandingan.

Tetapi ia berharap para teknisi VAR ini mampu bekerja dengan baik sehingga tidak merugikan timnya dan tim lain saat bertanding, laga-laga yang sangat krusial bagi tim seakan tidak terbantu oleh adanya VAR.

“Terkadang saya merasa mereka membuat keputusan yang salah dan terkadang mereka membuat keputusan yang benar. Saya rasa VAR akan menemukan cara untuk beroperasi dengan tepat nantinya.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan